Contoh Penggunaan Polimorfisme di Java


Kali ini saya akan bahas mengenai penggunaan POLIMORFISME di dalam Pemrograman Java. Bagi anda yang belum tahu apa itu Polimorfisme, saya akan menjelaskan secara singkat tentang arti Polimorfisme di dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO).

Polimorfisme merupakan kemampuan untuk berhubungan dengan berbagai tipe didasarkan pada fitur yang sama. Contohnya

, jika kita memiliki sebuah variabel  objek yang bertipe Super Kelas, maka variabel objek ini dapat diisi dengan objek dari Super Kelas ataupun objek dari Sub Kelasnya tanpa perlu melakukan perubahan tipe.

Agar lebih mengerti, ada baiknya kita praktek Polimorfisme di Java. Kali ini saya akan menggunakan gedit bawaan Ubuntu sebagai Editor untuk membuat Kode Program Java. Anda juga dapat menggunakan Editor yang lain untuk membuat kode Program Java di dalam tutorial ini.

Jika anda menggunakan gedit di Linux, anda dapat mengikut langkah-langkah saya, namun bagi anda yang tidak menggunakan editor yang sama dapat menyesuaikan.

Buka terminal kemudian arahkan ke tempat anda akan menyimpan kode program nantinya, misalkan saya akan menyimpannya ke dalam direktori /home/ocol/PROYEK/JAVA/Polimorfisme/ maka saya mengetikkan kode berikut di Terminal.

Screenshot from 2014-04-09 14:20:44

selanjutnya, pada folder tersebut kita buat sebuah subfolder yang nantinya akan kita jadikan sebagai package dari file Kelas data nantinya. Package itu saya namakan com.rumahkode.polimorfisme.data sehingga di Terminal saya membuatnya dengan cara seperti berikut.

Screenshot from 2014-04-09 14:27:51

Selanjutnya kita buka gedit dan membuat sebuah Kelas dengan file bernama Pekerjaan.java dengan perintah sebagai berikut.

Screenshot from 2014-04-09 14:31:12

sekarang, gedit anda sudah terbuka dengan nama file Pekerjaan.java. Di dalam file tersebut, ketikkan kode program java seperti berikut ini.

Screenshot from 2014-04-09 14:33:03

di dalam Kelas Pekerjaan kita membuat sebuah prosedur dengan nama kerjaan, yang di dalamnya menampilkan tulisan keterangan pekerjaan yang dilakukan.

Dengan cara yang sama saat membuat file Pekerjaan.java di terminal, anda buat  4 buah sub Kelas dari Kelas Pekerjaan masing-masing nama filenya adalah Memasak.java, Mencuci.java, Mengepel.java, dan Menyapu.java. Di bawah ini adalah kode dari ke 4 sub Kelas dari Kelas Pekerjaan tersebut.

Screenshot from 2014-04-09 14:44:05

Screenshot from 2014-04-09 14:44:18 Screenshot from 2014-04-09 14:44:27 Screenshot from 2014-04-09 14:44:39

Jika anda perhatikan Super Kelas Pekerjaan memiliki 4 buah Sub Kelas, yang masing-masing meng-override metode kerjaan. Setiap metode tersebut akan mengeluarkan Output yang berbeda.

Sekarang kita buat sebuah Kelas lagi di dalam paket yang sama, dengan nama Orang. Kelas ini nantinya yang akan menggunakan Kelas-Kelas Pekerjaan tersebut.

Buatlah file Orang.java dan ketikkan kode berikut ke dalamnya.

Screenshot from 2014-04-09 14:54:06

Di dalam Kelas Orang terdapat 3 buat Atribut dan 3 buat Setter untuk masing-masing atributnya. Kemudian terdapat juga sebuah prosedur kerja yang memanggil masing-masing kerjaan dari atributnya.

Yang perlu anda perhatikan bahwa dari kelas ini kita mengetahui bahwa setiap orang memiliki 3 buah pekerjaan. Karena atributnya adalah Kelas Pekerjaan, maka yang boleh kita masukkan adalah Kelas Pekerjaan juga.

masuklah ke direktori /home/ocol/PROJEK/JAVA/Polimorfisme dan buatlah sebuah file baru dengan nama Program.java dan berikut adalah kode untuk Kelas Program tersebut.

Screenshot from 2014-04-09 15:02:16

di dalam Kelas Program, pertama-tama kita import dulu semua Kelas di paket com.rumahkode.polimorfisme.data. Selanjutnya, di metode main, kita membuat sebuah objek dari Kelas Orang, dan kita set setiap Pekerjaan.

Dengan Menggunakan Polimorfisme, kita dapat berhubungan dengan berbagai tipe dari Kelas Pekerjaan, contoh di atas kita membuat pekerjaan dari Kelas Menyapu, Pekerjaan dan Mengepel. Hal ini diperbolehkan karena Menyapu dan Mengepel adalah turunan dari Kelas Pekerjaan.

Padahal di Kelas Orang kita mendeklarasikan Atribut pekerjaan1, pekerjaan2, dan pekerjaan3 dengan Tipe Pekerjaan. Inilah keunggulan dari konsep Polimorfisme.

Di bagian akhir kelas Program kita tinggal memerintahkan objek roy untuk bekerja.

Di bawah ini adalah cara mengkompilenya dan cara untuk menjalankannya.

Screenshot from 2014-04-09 15:07:54

Salah satu keuntungan dari Polimorfisme, bahwa kita tidak perlu membuat sebuah atribut dengan Kelas yang spesifik. misal, di kelas Orang atributnya seperti ini.

private Memasak pekerjaan1;

private Menyapu pekerjaan2;

Jadi, misal ada 30 pekerjaan, maka kita akan kerepotan. Namun dengan adanya Polimorfisme, kita tinggal mengakses Super Kelasnya, dan kita secara otomatis dapat mengakses semua sub kelasnya. Hehe mudah bukan.

Sampai disini tutorialnya, semoga bermanfaat, mohon kritikkannya siapa tau ada kekeliruan. Terima Kasih🙂

One thought on “Contoh Penggunaan Polimorfisme di Java

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s