Perbedaan final, finally dan finalize dalam Pemrograman Java


Kebanyakan programmer Java belum memahami kata kunci #final, #finally, atau #finalize. Oleh karena itu, di kesempatan ini saya akan membahas arti kata kunci tersebut. Berikut adalah perbedaannya.

Kata Kunci #final adalah keyword untuk mendeklarasikan bahwa sebuah variabel/atribut tidak dapat diubah lagi isinya, artinya kata kunci ini mengartikan bahwa variabel tersebut sudah final. Kita juga dapat membuat konstanta dengan cara menyertakan kata kunci final di dalam variabel.

Apabila kata kunci #final disertakan ke dalam pembuatan method, hal tersebut mengartikan bahwa method tersebut tidak dapat di override oleh subclassnya (kelas turunannya).

Sedangkan jika kata kunci #final disebutkan di dalam pembuatan sebuah class, artinya class tersebut tidak dapat diturunkan lagi (sudah final).

#finally merupakan tag dalam try-catch-finally yang berfungsi untuk memastikan bahwa kode di dalam blok finally akan dieksekusi meskipun kondisi dalam blok try sukses / gagal dieksekusi.

Sedangkan #finalize merupakan method kelas Object yang akan dieksekusi saat garbace collection menghapus sebuah object yang sudah tidak digunakan/terpakai pada memori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s